Selasa, 03 April 2012

Silabus Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran


KEMENTERIAN AGAMA

JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI AL-FATAH JAYAPURA
Jln. Merah Putih Buper Tlp: (0967) 572126 Fax: (0967) 572125, Waena – Jayapura
 

SILABUS

I.        IDENTITAS MATA KULIAH
a.       Nama Mata Kuliah                 : Teori Belajar dan Pembelajaran
b.       Nomor Kode                          :  MKK 215
c.       Bobot SKS                            : 2 (Dua) SKS
d.       Semester                              : 4 (Empat)
e.       Kelompok Mata Kuliah           : MK Keilmuan dan Keterampilan
f.        Prodi                                     : Pendidikan Agama Islam
g.       Dosen                                   : A. Arif Rofiki, M.Pd.I
                                                 
II.      TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu memahami hakikat belajar, menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, menganalisis berbagai teori pembelajaran dan mampu merancang serta mengembangkan berbagai alternatif aplikasi model pembelajaran disesuaikan dengan teori-teori pembelajaran yang mendasarinya.

III.    DESKRIPSI ISI
Mata kuliah Teori Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami hakikat belajar dan pembelajaran; dan mengetahui perkembangan konsep dan teori pembelajaran. Materi perkuliahan meliputi hakikat belajar, prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang memengaruhi belajar, motivasi belajar, teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivisme, teori belajar humanisme, konsep pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, model pembelajaran, dan pembelajaran kontekstual. Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inkuiri dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Evaluasi keberhasilan mahasisiwa ditentukan melalui kehadiran dan partisipasi dalam setiap perkuliahan, ketepatan pengumpulan dan kualitas tugas (individu dan kelompok), hasil UTS dan UAS.

IV.    PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Strategi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan Inquiry, dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam kegiatan:
1.       Menyimak perkuliahan melalui ceramah
2.       Mengkaji berbagai sumber pembelajaran yang dianjurkan
3.       Diskusi

V.      EVALUASI
Untuk menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut:
1.       Kehadiran
2.       Partisipasi mahasiswa dalam proses perkuliahan
3.       Laporan tugas individu
4.       Laporan tugas kelompok
5.       Hasil UTS dan UAS

VI.    FORMAT TUGAS
1.       Tugas Individu : Membuat resume materi perkuliahan sesuai dengan instruksi Dosen minimal 3 (tiga) halaman kertas folio dengan tulisan tangan (tidak boleh diketik).
2.       Tugas Kelompok : Membuat makalah dengan format :
a.       Kertas A4
b.       Margin top: 3 cm, bottom: 3 cm, left: 4 cm, dan right: 3 cm.
c.       Jumlah minimal 12 halaman.
d.       Sistematika isi makalah:
A.   Pendahuluan
B.   Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
C.  Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
D.  dst....
E.   Kesimpulan
F.   Daftar Pustaka

VII.  RINCIAN MATERI PERKULIAHAN UNTUK SETIAP PERTEMUAN

Pert-
ke
Kompetensi Dasar
Topik dan Sub-topik
1
·      Mahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran, baik secara konsep, prinsip maupun dalam pengaplikasiannya.
·     Orientasi Perkuliahan
-                 Maksud dan tujuan
-                 Penjelasan topik-topik
-                  Penjelasan sistem perkuliahan
      Penjelasan umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
2
·      Mahasiswa memahami hakikat belajar
·     Hakikat Belajar
           Pengertian / konsep Belajar
           Tujuan Belajar
           Jenis-jenis Belajar
3
·      Mahasiswa menganalisis prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang memengaruhi belajar
·     Prinsip-Prinsip dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar
-          Prinsip-prinsip Belajar
-          Faktor-faktor Intern Belajar
-          Faktor-faktor Ekstern Belajar
4
·         Mahasiswa dapat memahami konsep motivasi dalam belajar

·       Motivasi Belajar
-          Pengertian motivasi
-          Fungsi motivasi dalam belajar
-          Macam-macam motivasi
-          Bentuk-bentuk motivasi di sekolah
5
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar behaviorisme
·     Teori Belajar Behaviorisme
6
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar kognitif
·     Teori Belajar Kognitif
7
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar konstruktivisme
·     Teori Belajar Konstruktivisme
8
Ujian Tengah Semester
Ujian Tengah Semester
9
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar humanisme
·     Teori Belajar Humanisme
10
·     Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembelajaran
·     Konsep Pembelajaran
-          Hakikat pembelajaran
-          Landasan konsep pembelajaran
-          Proses Pembelajaran
-          Hasil Belajar dari Pembelajaran
11
·     Mahasiswa dapat mendeskripsikan komponen-komponen pembelajaran (1)
·     Komponen-Komponen Pembelajaran (1)
-          Tujuan Pembelajaran
-          Bahan Pembelajaran
-          Strategi dan Metode Pembelajaran
-          Media Pembelajaran
-          Evaluasi Pembelajaran
12
·     Mahasiswa dapat memahami model pembelajaran
·     Model Pembelajaran
-          Pengertian Model Pembelajaran
-          Model Pembelajaran Langsung
-          Model Pembelajaran Kooperatif
-          Model Pembelajaran Berbasis Masalah
13
·     ­Mahasiswa dapat memahami konsep pembelajaran kontekstual
·     Pembelajaran Kontekstual
-          Pengertian Pembelajaran Kontekstual
-          Strategi Pembelajaran Kontekstual
-          Komponen Pembelajaran Kontekstual
14
·     Mahasiswa dapat mengidentifikasi permasalahan-permasahalan aktual dan potensial dalam pembelajaran
·     Mahasiswa dapat memberikan solusi praktis pemecahan terhadap permasalahan dalam pembelajaran
·     Mahasiswa dapat menyimpulkan hakikat teori pembelajaran dan aplikasinya dalam pembelajaran
·     Permasalahan Belajar dan pembelajaran (internal)
·     Permasalahan belajar dan pembelajaran (eksternal)
·     Review perkuliahan
15
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester


VIII.                                                                                                    BIBLIOGRAFI

Agus Suprijono, Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Ahmadi, A dan Supriyono, W., Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.
Arief S. Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Baharuddin dan Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Group, 2008.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta, 2006.
Moh. Sholeh, Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1987.
-------------------, Teori-teori Belajar untuk Pengajaran.Jakarta: UI Press, 1989.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta, 2003.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.
Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Impelementasi KBK. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2005.
-------------------, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007.
------------------, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011.

Literatur tambahan yang dipersiapkan kemudian yang diambil dari beberapa buku lain yang relevan, jurnal, dan searching dari internet sesuai kebutuhan.







Jayapura, 15 Maret 2012

Dosen Pengampu,




A. Arif Rofiki, M.Pd.I
NIP. 19850201 201101 1 008










2 komentar:

  1. Best Roulette Casino Site in Canada | LuckyClub
    The site is known as a well known casino and has been a favorite among Canadian luckyclub.live players ever since it opened its doors in 2004. Read more at LuckyClub.

    BalasHapus
  2. Mr. Green, president of casino - DRM CD
    Former Mr Green is the President 남원 출장샵 and Chief Operating Officer of 구미 출장마사지 Casino Entertainment. His role as 당진 출장안마 President 강릉 출장샵 and Chief Operating Officer is 상주 출장안마 the subject of Dec 5, 2016 - Jan 6, 2017

    BalasHapus