Selasa, 17 April 2012

Silabus MK Kepemimpinan dan Kewirausahaan



KEMENTERIAN AGAMA

JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI AL-FATAH JAYAPURA
Jln. Merah Putih Buper Tlp: (0967) 572126 Fax: (0967) 572125, Waena – Jayapura
 

SILABUS

I.        IDENTITAS MATA KULIAH
a.       Nama Mata Kuliah                 : Kepemimpinan dan Kewirausahaan
b.       Nomor Kode                          : MPB 401
c.       Bobot SKS                            : 2 (Dua) SKS
d.       Semester                              : 8 (Delapan)
e.       Prodi                                     : Pendidikan Agama Islam
f.        Dosen                                   : A. Arif Rofiki, M.Pd.I
                                                 
II.      TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu memahami dan memperluas wawasan tentang konsep-konsep kepemimpinan dalam pendidikan dan nilai-nilai kewirausahaan dalam pendidikan.

III.    DESKRIPSI ISI
Mata kuliah Filsafat Ilmu merupakan salah satu komponen mata kuliah perilaku berkarya yang ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam semester delapan. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami konsep dasar kepemimpinan, pendekatan dan teori kepemimpinan, tipe dan gaya kepemimpinan, proses-proses kepemimpinan, komunikasi organisasi, budaya organisasi, konsep kewirausahaan, menggali kekuatan diri untuk meraih keberkahan hidup, kreativitas dan motivasi, dinamika kelompok, dan pemasaran pendidikan.
Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inkuiri dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Evaluasi keberhasilan mahasisiwa ditentukan melalui kehadiran dan partisipasi dalam setiap perkuliahan, ketepatan pengumpulan dan kualitas tugas, dan hasil UTS dan UAS.

IV.    PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Strategi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan Inquiry, dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam kegiatan: (1) Menyimak perkuliahan melalui ceramah; (2) Mengkaji berbagai sumber pembelajaran yang dianjurkan; dan (3) Diskusi

V.      EVALUASI
Untuk menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui kegiatan: (1) Kehadiran; (2) Partisipasi mahasiswa dalam proses perkuliahan; (3) Laporan tugas kelompok; dan (4) Hasil UTS dan UAS

VI.    RINCIAN MATERI PERKULIAHAN UNTUK SETIAP PERTEMUAN

Pert-
ke
Kompetensi Dasar
Materi Perkuliahan
1
·      Mahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah kepemimpinan dan kewirausahaan, baik secara konsep, prinsip maupun dalam pengaplikasiannya.
·     Orientasi Perkuliahan
-          Maksud dan tujuan
-          Penjelasan topik-topik
-          Penjelasan sistem perkuliahan
-          Penjelasan umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
2
·      Mahasiswa dapat memahami pengertian, peranan, dan fungsi kepemimpinan dalam pengelolaan organisasi pendidikan
·      Konsep Dasar Kepemimpinan
3
·      Mahasiswa dapat memahami pendekatan-pendekatan dan perkembangan kepemimpinan
·     Pendekatan dan Teori Kepemimpinan

4
·      Mahasiswa dapat memahami berbagai tipologi dan gaya-gaya kepemimpinan baik secara teoritis maupun praktis

·       Tipe dan Gaya Kepemimpinan
5
·     Mahasiswa dapat memahami proses-proses kepemimpinan dalam pengelolaan pendidikan
·     Proses-Proses Kepemimpinan
6
·     Mahasiswa dapat memahami konsep, teori, dan proses komunikasi dalam organisasi
·     Komunikasi Organisasi
7
·     Mahasiswa dapat menganalisis unsur-unsur dan proses pengembangan budaya organisasi
·     Budaya Organisasi
8
Ujian Tengah Semester
Ujian Tengah Semester
9
·     Mahasiswa dapat menganalisis unsur-unsur dan proses pengembangan jiwa kewirausahaan dalam bisnis dan pendidikan
·     Konsep Kewirausaan
10
·     Mahasiswa dapat mengidentifikasi tantangan pembangunan bangsa, kemampuan SDM yang dibutuhkan, dan meningkatkan kesadaran tujuan hidup yang penuh berkah
·     Menggali Kekuatan Diri untuk Meraih Keberkahan Hidup
11
·     Mahasiswa dapat memiliki wawasan pengetahuan, apresiasi yang mendalam, dan keterampilan dalam upaya peningkatan kreativitas dan motivasi kerja
·     Kreativitas dan Motivasi

12
·     Mahasiswa dapat memiliki wawasan pengetahuan, apresiasi yang mendalam, dan keterampilan dalam menganalisis metode dan pengembangan sistem kerjasama dalam kelompok
·     Dinamika Kelompok
13
·     Mahasiswa dapat memiliki wawasan pengetahuan, apresiasi yang mendalam, dan keterampilan analisis kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat dalam bidang pelayanan jasa pendidikan
·     Pemasaran Pendidikan

14
·     Mahasiswa dapat menyimpulkan konsep kepemimpinan dan kewirausahaan
·     Review perkuliahan
15
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester


VII.  BIBLIOGRAFI

Imam Munawwir, Asas-Asas Kepemimpinan dalam Islam, (Surabaya: Usaha Nasional).
Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2008).
Miftah Thoha, Kepemimpinan dalam Manajemen, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006).
Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu, (Jakarta: Balitbang Kemenag RI, 2010).
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008).
Yoyon Bachtiar Irianto, Kepemimpinan dan Kewirausahaan, (Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2009).

Literatur tambahan yang dipersiapkan kemudian yang diambil dari beberapa buku lain yang relevan, jurnal, ilmiah, dan searching dari internet sesuai kebutuhan.




Jayapura, 4 April 2012

Dosen Pengampu,




A. Arif Rofiki, M.Pd.I
NIP. 19850201 201101 1 008


Selasa, 03 April 2012

Silabus Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran


KEMENTERIAN AGAMA

JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI AL-FATAH JAYAPURA
Jln. Merah Putih Buper Tlp: (0967) 572126 Fax: (0967) 572125, Waena – Jayapura
 

SILABUS

I.        IDENTITAS MATA KULIAH
a.       Nama Mata Kuliah                 : Teori Belajar dan Pembelajaran
b.       Nomor Kode                          :  MKK 215
c.       Bobot SKS                            : 2 (Dua) SKS
d.       Semester                              : 4 (Empat)
e.       Kelompok Mata Kuliah           : MK Keilmuan dan Keterampilan
f.        Prodi                                     : Pendidikan Agama Islam
g.       Dosen                                   : A. Arif Rofiki, M.Pd.I
                                                 
II.      TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu memahami hakikat belajar, menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, menganalisis berbagai teori pembelajaran dan mampu merancang serta mengembangkan berbagai alternatif aplikasi model pembelajaran disesuaikan dengan teori-teori pembelajaran yang mendasarinya.

III.    DESKRIPSI ISI
Mata kuliah Teori Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami hakikat belajar dan pembelajaran; dan mengetahui perkembangan konsep dan teori pembelajaran. Materi perkuliahan meliputi hakikat belajar, prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang memengaruhi belajar, motivasi belajar, teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivisme, teori belajar humanisme, konsep pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, model pembelajaran, dan pembelajaran kontekstual. Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inkuiri dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Evaluasi keberhasilan mahasisiwa ditentukan melalui kehadiran dan partisipasi dalam setiap perkuliahan, ketepatan pengumpulan dan kualitas tugas (individu dan kelompok), hasil UTS dan UAS.

IV.    PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Strategi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan Inquiry, dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam kegiatan:
1.       Menyimak perkuliahan melalui ceramah
2.       Mengkaji berbagai sumber pembelajaran yang dianjurkan
3.       Diskusi

V.      EVALUASI
Untuk menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut:
1.       Kehadiran
2.       Partisipasi mahasiswa dalam proses perkuliahan
3.       Laporan tugas individu
4.       Laporan tugas kelompok
5.       Hasil UTS dan UAS

VI.    FORMAT TUGAS
1.       Tugas Individu : Membuat resume materi perkuliahan sesuai dengan instruksi Dosen minimal 3 (tiga) halaman kertas folio dengan tulisan tangan (tidak boleh diketik).
2.       Tugas Kelompok : Membuat makalah dengan format :
a.       Kertas A4
b.       Margin top: 3 cm, bottom: 3 cm, left: 4 cm, dan right: 3 cm.
c.       Jumlah minimal 12 halaman.
d.       Sistematika isi makalah:
A.   Pendahuluan
B.   Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
C.  Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
D.  dst....
E.   Kesimpulan
F.   Daftar Pustaka

VII.  RINCIAN MATERI PERKULIAHAN UNTUK SETIAP PERTEMUAN

Pert-
ke
Kompetensi Dasar
Topik dan Sub-topik
1
·      Mahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran, baik secara konsep, prinsip maupun dalam pengaplikasiannya.
·     Orientasi Perkuliahan
-                 Maksud dan tujuan
-                 Penjelasan topik-topik
-                  Penjelasan sistem perkuliahan
      Penjelasan umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
2
·      Mahasiswa memahami hakikat belajar
·     Hakikat Belajar
           Pengertian / konsep Belajar
           Tujuan Belajar
           Jenis-jenis Belajar
3
·      Mahasiswa menganalisis prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang memengaruhi belajar
·     Prinsip-Prinsip dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar
-          Prinsip-prinsip Belajar
-          Faktor-faktor Intern Belajar
-          Faktor-faktor Ekstern Belajar
4
·         Mahasiswa dapat memahami konsep motivasi dalam belajar

·       Motivasi Belajar
-          Pengertian motivasi
-          Fungsi motivasi dalam belajar
-          Macam-macam motivasi
-          Bentuk-bentuk motivasi di sekolah
5
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar behaviorisme
·     Teori Belajar Behaviorisme
6
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar kognitif
·     Teori Belajar Kognitif
7
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar konstruktivisme
·     Teori Belajar Konstruktivisme
8
Ujian Tengah Semester
Ujian Tengah Semester
9
·     Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar humanisme
·     Teori Belajar Humanisme
10
·     Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembelajaran
·     Konsep Pembelajaran
-          Hakikat pembelajaran
-          Landasan konsep pembelajaran
-          Proses Pembelajaran
-          Hasil Belajar dari Pembelajaran
11
·     Mahasiswa dapat mendeskripsikan komponen-komponen pembelajaran (1)
·     Komponen-Komponen Pembelajaran (1)
-          Tujuan Pembelajaran
-          Bahan Pembelajaran
-          Strategi dan Metode Pembelajaran
-          Media Pembelajaran
-          Evaluasi Pembelajaran
12
·     Mahasiswa dapat memahami model pembelajaran
·     Model Pembelajaran
-          Pengertian Model Pembelajaran
-          Model Pembelajaran Langsung
-          Model Pembelajaran Kooperatif
-          Model Pembelajaran Berbasis Masalah
13
·     ­Mahasiswa dapat memahami konsep pembelajaran kontekstual
·     Pembelajaran Kontekstual
-          Pengertian Pembelajaran Kontekstual
-          Strategi Pembelajaran Kontekstual
-          Komponen Pembelajaran Kontekstual
14
·     Mahasiswa dapat mengidentifikasi permasalahan-permasahalan aktual dan potensial dalam pembelajaran
·     Mahasiswa dapat memberikan solusi praktis pemecahan terhadap permasalahan dalam pembelajaran
·     Mahasiswa dapat menyimpulkan hakikat teori pembelajaran dan aplikasinya dalam pembelajaran
·     Permasalahan Belajar dan pembelajaran (internal)
·     Permasalahan belajar dan pembelajaran (eksternal)
·     Review perkuliahan
15
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester


VIII.                                                                                                    BIBLIOGRAFI

Agus Suprijono, Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Ahmadi, A dan Supriyono, W., Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.
Arief S. Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Baharuddin dan Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Group, 2008.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta, 2006.
Moh. Sholeh, Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1987.
-------------------, Teori-teori Belajar untuk Pengajaran.Jakarta: UI Press, 1989.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta, 2003.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.
Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Impelementasi KBK. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2005.
-------------------, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007.
------------------, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011.

Literatur tambahan yang dipersiapkan kemudian yang diambil dari beberapa buku lain yang relevan, jurnal, dan searching dari internet sesuai kebutuhan.







Jayapura, 15 Maret 2012

Dosen Pengampu,




A. Arif Rofiki, M.Pd.I
NIP. 19850201 201101 1 008