KEMENTERIAN AGAMA
JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI AL-FATAH
JAYAPURA
Jln. Merah Putih Buper Tlp: (0967) 572126 Fax: (0967) 572125, Waena – Jayapura
SILABUS
I.
IDENTITAS MATA KULIAH
a. Nama Mata Kuliah :
Teori Belajar dan Pembelajaran
b. Nomor Kode :
MKK 215
c. Bobot SKS : 2 (Dua) SKS
d. Semester :
4 (Empat)
e. Kelompok Mata Kuliah : MK
Keilmuan dan Keterampilan
f.
Prodi :
Pendidikan Agama Islam
g. Dosen : A. Arif Rofiki, M.Pd.I
II. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah
mempelajari mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu memahami hakikat
belajar, menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, menganalisis
berbagai teori pembelajaran dan mampu merancang serta mengembangkan berbagai
alternatif aplikasi model pembelajaran disesuaikan dengan teori-teori
pembelajaran yang mendasarinya.
III. DESKRIPSI ISI
Mata
kuliah Teori Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus
ditempuh oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam.
Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami hakikat belajar
dan pembelajaran; dan mengetahui perkembangan konsep dan teori pembelajaran.
Materi perkuliahan meliputi hakikat belajar, prinsip-prinsip dan faktor-faktor
yang memengaruhi belajar, motivasi belajar, teori belajar behaviorisme, teori belajar
kognitif, teori belajar konstruktivisme, teori belajar humanisme, konsep pembelajaran,
komponen-komponen pembelajaran, model pembelajaran, dan pembelajaran
kontekstual. Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi
ekspositori dan Inkuiri dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
Evaluasi keberhasilan mahasisiwa ditentukan melalui kehadiran dan partisipasi
dalam setiap perkuliahan, ketepatan pengumpulan dan kualitas tugas (individu
dan kelompok), hasil UTS dan UAS.
IV. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Strategi
perkuliahan dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan Inquiry,
dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam kegiatan:
1.
Menyimak
perkuliahan melalui ceramah
2.
Mengkaji
berbagai sumber pembelajaran yang dianjurkan
3.
Diskusi
V. EVALUASI
Untuk
menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui kegiatan
sebagai berikut:
1. Kehadiran
2. Partisipasi mahasiswa dalam proses perkuliahan
3. Laporan tugas individu
4. Laporan tugas kelompok
5. Hasil UTS dan UAS
VI. FORMAT TUGAS
1. Tugas Individu : Membuat resume materi perkuliahan sesuai
dengan instruksi Dosen minimal 3 (tiga) halaman kertas folio dengan tulisan
tangan (tidak boleh diketik).
2. Tugas Kelompok : Membuat makalah dengan format :
a.
Kertas A4
b.
Margin top:
3 cm, bottom: 3 cm, left: 4 cm, dan right: 3 cm.
c.
Jumlah
minimal 12 halaman.
d.
Sistematika
isi makalah:
A.
Pendahuluan
B.
Pembahasan
(Topik dan Sub Topik)
C. Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
D. dst....
E.
Kesimpulan
F.
Daftar
Pustaka
VII. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN UNTUK SETIAP PERTEMUAN
Pert-
ke
|
Kompetensi
Dasar
|
Topik
dan Sub-topik
|
1
|
· Mahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi
tentang mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran, baik secara konsep,
prinsip maupun dalam pengaplikasiannya.
|
· Orientasi Perkuliahan
- Maksud
dan tujuan
- Penjelasan
topik-topik
- Penjelasan
sistem perkuliahan
Penjelasan
umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
|
2
|
· Mahasiswa memahami hakikat belajar
|
· Hakikat Belajar
Pengertian / konsep Belajar
Tujuan
Belajar
Jenis-jenis
Belajar
|
3
|
· Mahasiswa menganalisis prinsip-prinsip dan
faktor-faktor yang memengaruhi belajar
|
· Prinsip-Prinsip dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi
Belajar
-
Prinsip-prinsip
Belajar
-
Faktor-faktor
Intern Belajar
-
Faktor-faktor
Ekstern Belajar
|
4
|
·
Mahasiswa
dapat memahami konsep motivasi dalam belajar
|
· Motivasi Belajar
-
Pengertian
motivasi
-
Fungsi
motivasi dalam belajar
-
Macam-macam
motivasi
-
Bentuk-bentuk
motivasi di sekolah
|
5
|
· Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar
behaviorisme
|
· Teori Belajar Behaviorisme
|
6
|
· Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar kognitif
|
· Teori Belajar Kognitif
|
7
|
· Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar
konstruktivisme
|
· Teori Belajar Konstruktivisme
|
8
|
Ujian Tengah Semester
|
Ujian Tengah Semester
|
9
|
· Mahasiswa dapat memahami hakikat teori belajar
humanisme
|
· Teori Belajar Humanisme
|
10
|
· Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembelajaran
|
· Konsep Pembelajaran
-
Hakikat
pembelajaran
-
Landasan
konsep pembelajaran
-
Proses
Pembelajaran
-
Hasil
Belajar dari Pembelajaran
|
11
|
· Mahasiswa dapat mendeskripsikan komponen-komponen
pembelajaran (1)
|
· Komponen-Komponen Pembelajaran (1)
-
Tujuan
Pembelajaran
-
Bahan
Pembelajaran
-
Strategi
dan Metode Pembelajaran
-
Media
Pembelajaran
-
Evaluasi
Pembelajaran
|
12
|
· Mahasiswa dapat memahami model pembelajaran
|
· Model Pembelajaran
-
Pengertian
Model Pembelajaran
-
Model
Pembelajaran Langsung
-
Model
Pembelajaran Kooperatif
-
Model
Pembelajaran Berbasis Masalah
|
13
|
· Mahasiswa dapat memahami
konsep pembelajaran kontekstual
|
· Pembelajaran Kontekstual
-
Pengertian
Pembelajaran Kontekstual
-
Strategi
Pembelajaran Kontekstual
-
Komponen
Pembelajaran Kontekstual
|
14
|
· Mahasiswa dapat mengidentifikasi
permasalahan-permasahalan aktual dan potensial dalam pembelajaran
· Mahasiswa dapat memberikan solusi praktis pemecahan
terhadap permasalahan dalam pembelajaran
· Mahasiswa dapat menyimpulkan hakikat teori pembelajaran
dan aplikasinya dalam pembelajaran
|
· Permasalahan Belajar dan pembelajaran (internal)
· Permasalahan belajar dan pembelajaran (eksternal)
· Review perkuliahan
|
15
|
Ujian Akhir Semester
|
Ujian Akhir Semester
|
VIII.
BIBLIOGRAFI
Agus Suprijono,
Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2009.
Ahmadi, A dan
Supriyono, W., Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.
Arief S. Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: PT.
RajaGrafindo Persada, 2007.
Baharuddin dan
Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Group, 2008.
Dimyati dan
Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta,
2006.
Moh. Sholeh, Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva
Press, 2011.
Nana
Sudjana, Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1987.
-------------------,
Teori-teori Belajar untuk Pengajaran.Jakarta: UI Press, 1989.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Slameto, Belajar
dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta,
2003.
Tim Pengembang
MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada, 2011.
Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Impelementasi KBK.
Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2005.
-------------------, Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Group, 2007.
------------------, Perencanaan dan Desain Sistem
Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011.
Literatur
tambahan yang dipersiapkan kemudian yang diambil dari beberapa buku lain yang
relevan, jurnal, dan searching dari internet sesuai kebutuhan.
Jayapura,
15 Maret 2012
Dosen Pengampu,
A. Arif Rofiki, M.Pd.I
NIP. 19850201 201101 1 008
Best Roulette Casino Site in Canada | LuckyClub
BalasHapusThe site is known as a well known casino and has been a favorite among Canadian luckyclub.live players ever since it opened its doors in 2004. Read more at LuckyClub.
Mr. Green, president of casino - DRM CD
BalasHapusFormer Mr Green is the President 남원 출장샵 and Chief Operating Officer of 구미 출장마사지 Casino Entertainment. His role as 당진 출장안마 President 강릉 출장샵 and Chief Operating Officer is 상주 출장안마 the subject of Dec 5, 2016 - Jan 6, 2017